12 Bidang Aktifitas Menggunakan Komputer & Contoh Generasi Komputer


A. 12 Bidang menggunakan Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer biasanya digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.

Komputer digunakan secara meluas di dalam aktifitas kehidupan manusia sehari-hari seperti :

1.         Perbankan
2.         Perdagangan
3.         Industri
4.         Transportasi
5.         Rumah sakit
6.         Pendidikan
7.         Seni
8.         Penelitian
9.         Rekreasi
10.     Pertahanan dan keamanan
11.     Komunikasi
12.     Penerbangan

Berikut penjelasan dan contoh dari aktifitas manusia dalam menggunakan komputer :

1.       Bidang Perbankan :
Dalam bidang perbankan fungsi komputer sangat berpengaruh dengan segala aktivitas perbankan, baik simpan pinjam dan transaksi keuangan lainnya dapat berjalan dengan lancar. Dengan adanya pemanfaatan komputer dan sistem-sistem canggih di dalamnya maka akan sangat mempermudah jalannya suatu perbankan serta menjamin keamanan dan kerahasiaan dari setiap nasabah. Dalam bidang perbankan sangat penting untuk melakukan kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Seperti contohnya :
-       Komputer sebagai sistem uang elektronik seperti : kartu kredit dan debit
-       Perhitungan keuangan, bunga, layanan keuangan seperti ATM
-       Pemprosesan transaksi secara online seperti e-banking, e-cash

2.        Bidang Perdagangan :
-       Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak
-       Menyimpan hasil transaksi,persediaan barang-barang
-       Pembuatan laporan keuangan,faktur surat-surat,dokumen,dll
-       Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik
-       Aplikasi yang digunakan dalam perdagangan :
·       Inatrade : Digunakan oleh pihak pengusaha dalam proses pengajuan ijin eksport dan import.
·       Search Engine : Digunakan dalam system perdagangan online.
·       Mobile trading : Aplikasi perdagangan untuk seluruh akun MetaTrader
·       Public Key Infrastructure (PKI)
·       H2H : Digunakan untuk pendistribusian pulsa elektrik.

3.        Bidang Industri :
Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya :
-      CAM (Computer Aided Manufacturing) untuk meningkatkan produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah kekurangan tenaga kerja. Misalnya, robot diciptakan untuk menjalankan semua kerja dengan mengikuti arahan yang diberikan melalui komputer.
-      CAD (Computer Aided Design) untuk merancang produk industri. Misalnya pada pembuatan mobil.
-       Penggunaan robot

4.        Bidang Transportasi :
-       Digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas
-       Untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer
-       Untuk memudahkan pengendalian jalan raya

5.        Bidang Kedokteran/Rumah Sakit :
-       Membantu dokter di dalam mendiagnosis penyakit pasien
-       CAT (Computer Axial Tomography) untuk menghasilkan gambaran sinar-x bergerak
-       Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus
-       Menyimpan riwayat oenyakit pasien,penggajian karyawan rumah sakit,dan lain-lain

6.        Bidang Pendidikan :
-      Digunakan sebagai alat pembelajaran dikenal sebagai CBE (Computer Based Education)
-      CAI (Computer Assisted Instruction) digunakan para pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran
-     Komputer jg dapat digunakan untuk meyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar, dan soal-soal ujian maupun latihan.

7.        Bidang Seni :
-       Synthesizer digunakan untuk bunyi alat musik berarti bunyi getar dan piano
-       Untuk proses perdagangan
-       Untuk menghasilkan rituasi di dalam filmfilm kartun

8.        Bidang Penelitian :
-       Digunakan untuk penelitian ruang angkasa
-       Tenaga nuklir dan pemprosesan data
-       Digunakan untuk ramalan cuaca seperti pengendalian gambar awan

9.        Bidang Rekreasi :
-      Komputer digunakan sebagai satu sumber alat rekreasi untuk orang ramai dimana permainan komputer, permainan arked, permainan video dan sebagainya mengandungi banyak cip-cip elektronik di dalamnya.
-       Komputer juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang canggih seperti roller coaster.

10.    Bidang Pertahanan dan Keamanan :
-      Komputer juga dicipta untuk tujuan perperangan dalam sistem senjata, pengendalian dan komunikasi. Kapal perang dan kapal terbang yang modern dipasang dengan peralatan komputer yang canggih untuk membantu dalam melakukan navigasi atau serangan yang lebih tepat.
-      Komputer juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon prajurit untuk mengurangkan biaya

11.    Bidang Komunikasi :
-       Komputer bisa mengirim dan menerima pesan dari komputer yang lain
-      Telekomunikasi ialah proses pertukaran pesan di beberapa sistem komputer atau terminal melaluialat media seperti telepon, telegraf dan satelit
-      E-Mail ialah surat elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu bentuk komunikasi dengan menggunakan komputer
-      MODEM (Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat audio supaya boleh dihantar melalui telepon

12.    Bidang Penerbangan :
Sekitar 70-100% komputer memiliki peranan sangat penting dalam bidang penerbangan. Mulai dari system pesawat militer, sipil, hingga keperluan riset, semuanya menggunakan computer. Contohnya :
-      Digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket. Dengan bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat.
-      Sistem autopilot yang berfungsi mengendalikan pesawat secara otomatis. Pilot Otomatis adalah sistem mekanikal, elektrikal, atau hidrolik yang memandu sebuah kendaraan tanpa campur tangan dari manusia.
-      Lalu flight data display yang terletak di layar kokpit, itu juga termasuk olahan komputer yang terus menerus mengkoreksi error.
-      Lalu ada sistem anti tabrakan di udara atau TCAS yang juga menggunakan komputer untuk menghitung kemungkinan terjadinya tabrakan , lalu membunyikan alarm jika sudah berbahaya.
-     Komposisi udara, kelembaban, atau temperatur kabin pesawat juga dikendalikan menggunakan komputer.
-      Di bidang penerbangan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.

 
B.   Contoh lain generasi-generasi komputer :

              I.     Generasi Pertama

 
Ciri – ciri komputer generasi pertama :
1.    Sirkuit menggunakan vacum tube atau tabung hampa udara.
2.    Memerlukan daya listrik yang sangat besat.
3.    Banyak mengeluarkan panas sehingga butuh alatpendingin (AC) yang banyak.
4.    Prosesnya relatif lambat.
5.    Ukurannya fisik sangat besar sehingga memerlukan ruangan/tempat yang luas.
6.    Proses dan Kapasitas untuk menyimpan data kecil dan sangat terbatas sekali.
7.    Program dibuat dalam bahasa mesin.
8.    Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
9.    Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

Contoh komputer generasi pertama :
·      ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) terdiri dari 70.000 resistor, 5 juta titik soldier dan 18.000 tabung hampa udara serta mengkonsumsi daya sebesar 160.000 Watt.Komputer jenis ini merupakan komputer serbaguna yang dapat bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan komputer Mark I.
·      EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) mengurangi penggunaan tabung-tabung vakum, menggunakan sistem nomor binari dan konsep aturcara tersimpan (stored program concept) serta proses penghitungannya lebih cepat dibandingkan dengan ENIAC.
·      EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator ) EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
·      UNIVAC 1 Computer Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

 
      II.          Generasi Kedua

Ciri – ciri komputer generasi kedua :
1.   Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
2.   Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat inggi seperti FORTRAN dan COBOL.
3.    Kapasitas memori utama dikembangkan dari  Magnetic Core Storage.
4.    Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk.
5.    Kemapuan melakukan proses real-time dan real-sharing.
6.    Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
7.    Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
8.    Kebutuhan akan daya listrik lebih kecil.
9.    Orientasinya program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah ke aplikasi teknik.

Contoh komputer generasi kedua :
·      IBM 1620, 1402, 7070, 7080, 7094
·      UNIVAC III
·      CDC 6600 Super
·      CDC 7600
·      BURROGHS 5500
·      HONEYWELL 400
·      PDP 1 & 5


        III.     Generasi Ketiga


 
Ciri – ciri komputer generasi ketiga :
1.    Komponen Sirkuit menggunakan IC (Integrated Circuits).
2.    Peningkatan kemampuan software.
3.    Kapasitas memori komputer lebih besar.
4.    Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access.
5.    Penggunaan daya lebih hemat.
6.    Memungkinkan untuk melakukan multi processing.
7.    Pengembangan dari alat input dan output dengan menggunakan Visual Display Terminal.

Contoh komputer generasi ketiga :
·      IBM S/360
·      UNIVAC 1108
·      PDP 8 & 11
·      HONEYWELL 200
·      RCA
·      SPECTRA 70


         IV.     Generasi Keempat

 

Ciri – ciri komputer generasi keempat :
1.   Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan Ribuan IC menjadi sebuah chip.
2.   Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

Contoh komputer generasi ketiga :
·      IBM S/34, S/36
·      IBM PC/AT & XT
·      IBM PS/2
·      HONEYWELL 700
·      BURROGHS 600
·      CRAY I
·      CYBER
·      PC Aplle II
·      COMMODORE PC
·      INTEL i386
·      INTEL PENTIUM I, II, III , IV, Dual Core, Core 2 Duo dan Quad Core.

            V.     Generasi Kelima

 

Komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selain itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.

Contoh Imajinatif Komputer fiksi HAL9000dari novel  karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey, HAL9000 menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual dan belajar dari pengalamannya sendiri, namun realisasi HAL masih jauh dari kenyataan karena tahap ini masih sangat muda, sehingga masih banyak peluang bagi setiap manusia untuk mengembangkannya.

 

Komentar

  1. artikel bermanfaat sekali, saya Ari kunjungi website saya di https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. Las Vegas: The Fastest Growing Casino In The World
    Fast-growing 파주 출장안마 casino is 제주 출장안마 the Fastest Growing Casino In The World With over 300 million players 수원 출장마사지 who love slots 속초 출장샵 and casino 충청남도 출장샵 action,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer