12 Bidang Aktifitas Menggunakan Komputer & Contoh Generasi Komputer
A. 12 Bidang menggunakan Komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Komputer biasanya digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan,
mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.
Komputer
digunakan secara meluas di dalam aktifitas kehidupan manusia sehari-hari
seperti :
1.
Perbankan
2.
Perdagangan
3.
Industri
4.
Transportasi
5.
Rumah sakit
6.
Pendidikan
7.
Seni
8.
Penelitian
9.
Rekreasi
10. Pertahanan
dan keamanan
11. Komunikasi
12. Penerbangan
Berikut
penjelasan dan contoh dari aktifitas manusia dalam menggunakan komputer :
1. Bidang
Perbankan :
Dalam bidang perbankan fungsi komputer
sangat berpengaruh dengan segala aktivitas perbankan, baik simpan pinjam dan
transaksi keuangan lainnya dapat berjalan dengan lancar. Dengan adanya
pemanfaatan komputer dan sistem-sistem canggih di dalamnya maka akan sangat
mempermudah jalannya suatu perbankan serta menjamin keamanan dan kerahasiaan
dari setiap nasabah. Dalam bidang perbankan sangat penting untuk melakukan
kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan
informasi dengan cepat dan tepat. Seperti contohnya :
- Komputer
sebagai sistem uang elektronik seperti : kartu kredit dan debit
- Perhitungan
keuangan, bunga, layanan keuangan seperti ATM
- Pemprosesan
transaksi secara online seperti e-banking, e-cash
2.
Bidang
Perdagangan :
- Memproses
data transaksi dalam jumlah yang banyak
- Menyimpan
hasil transaksi,persediaan barang-barang
- Pembuatan
laporan keuangan,faktur surat-surat,dokumen,dll
- Selain
pembayaran tunai bisa juga secara elektronik
- Aplikasi
yang digunakan dalam perdagangan :
· Inatrade : Digunakan oleh pihak
pengusaha dalam proses pengajuan ijin eksport dan import.
· Search Engine : Digunakan dalam system
perdagangan online.
· Mobile trading : Aplikasi perdagangan
untuk seluruh akun MetaTrader
· Public Key Infrastructure (PKI)
· H2H : Digunakan untuk pendistribusian
pulsa elektrik.
3.
Bidang
Industri :
Di
bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin
produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya :
- CAM
(Computer Aided Manufacturing) untuk meningkatkan produktivitas kinerja yang
tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah kekurangan tenaga kerja. Misalnya,
robot diciptakan untuk menjalankan semua kerja dengan mengikuti arahan yang
diberikan melalui komputer.
- CAD
(Computer Aided Design) untuk merancang produk industri. Misalnya pada
pembuatan mobil.
- Penggunaan
robot
4.
Bidang
Transportasi :
- Digunakan
untuk mengatur lampu lalu lintas
- Untuk
menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer
- Untuk
memudahkan pengendalian jalan raya
5.
Bidang
Kedokteran/Rumah Sakit :
- Membantu
dokter di dalam mendiagnosis penyakit pasien
- CAT
(Computer Axial Tomography) untuk menghasilkan gambaran sinar-x bergerak
- Membantu
tuna netra membaca dengan teks khusus
- Menyimpan
riwayat oenyakit pasien,penggajian karyawan rumah sakit,dan lain-lain
6.
Bidang
Pendidikan :
- Digunakan
sebagai alat pembelajaran dikenal sebagai CBE (Computer Based Education)
- CAI
(Computer Assisted Instruction) digunakan para pendidik untuk menyampaikan
arahan dalam pelajaran
- Komputer
jg dapat digunakan untuk meyimpan data-data pendidik dan para murid, materi
belajar, dan soal-soal ujian maupun latihan.
7.
Bidang
Seni :
- Synthesizer
digunakan untuk bunyi alat musik berarti bunyi getar dan piano
- Untuk
proses perdagangan
- Untuk
menghasilkan rituasi di dalam filmfilm kartun
8.
Bidang
Penelitian :
- Digunakan
untuk penelitian ruang angkasa
- Tenaga
nuklir dan pemprosesan data
- Digunakan
untuk ramalan cuaca seperti pengendalian gambar awan
9.
Bidang
Rekreasi :
- Komputer
digunakan sebagai satu sumber alat rekreasi untuk orang ramai dimana permainan
komputer, permainan arked, permainan video dan sebagainya mengandungi banyak
cip-cip elektronik di dalamnya.
- Komputer
juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang canggih
seperti roller coaster.
10.
Bidang
Pertahanan dan Keamanan :
- Komputer
juga dicipta untuk tujuan perperangan dalam sistem senjata, pengendalian dan
komunikasi. Kapal perang dan kapal terbang yang modern dipasang dengan
peralatan komputer yang canggih untuk membantu dalam melakukan navigasi atau
serangan yang lebih tepat.
- Komputer
juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon prajurit untuk
mengurangkan biaya
11.
Bidang
Komunikasi :
- Komputer
bisa mengirim dan menerima pesan dari komputer yang lain
- Telekomunikasi
ialah proses pertukaran pesan di beberapa sistem komputer atau terminal
melaluialat media seperti telepon, telegraf dan satelit
- E-Mail
ialah surat elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu bentuk
komunikasi dengan menggunakan komputer
- MODEM
(Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat
audio supaya boleh dihantar melalui telepon
12.
Bidang
Penerbangan :
Sekitar
70-100% komputer memiliki peranan sangat penting dalam bidang penerbangan.
Mulai dari system pesawat militer, sipil, hingga keperluan riset, semuanya
menggunakan computer. Contohnya :
- Digunakan
untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket. Dengan
bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat
dan tepat.
- Sistem
autopilot yang berfungsi mengendalikan pesawat secara otomatis. Pilot Otomatis
adalah sistem mekanikal, elektrikal, atau hidrolik yang memandu sebuah
kendaraan tanpa campur tangan dari manusia.
- Lalu
flight data display yang terletak di layar kokpit, itu juga termasuk olahan
komputer yang terus menerus mengkoreksi error.
- Lalu
ada sistem anti tabrakan di udara atau TCAS yang juga menggunakan komputer
untuk menghitung kemungkinan terjadinya tabrakan , lalu membunyikan alarm jika
sudah berbahaya.
- Komposisi
udara, kelembaban, atau temperatur kabin pesawat juga dikendalikan menggunakan
komputer.
- Di
bidang penerbangan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali
pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol
panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer
juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun
tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.
B. Contoh
lain generasi-generasi komputer :
I. Generasi
Pertama
Ciri
– ciri komputer generasi pertama :
1. Sirkuit
menggunakan vacum tube atau tabung hampa udara.
2. Memerlukan
daya listrik yang sangat besat.
3. Banyak
mengeluarkan panas sehingga butuh alatpendingin (AC) yang banyak.
4. Prosesnya
relatif lambat.
5. Ukurannya
fisik sangat besar sehingga memerlukan ruangan/tempat yang luas.
6. Proses
dan Kapasitas untuk menyimpan data kecil dan sangat terbatas sekali.
7. Program
dibuat dalam bahasa mesin.
8. Orientasi
utama pada aplikasi bisnis.
9. Menggunakan
sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
Contoh
komputer generasi pertama :
·
ENIAC (Electronic Numerical
Integrator And Calculator)
terdiri dari 70.000 resistor, 5 juta titik soldier dan 18.000 tabung hampa
udara serta mengkonsumsi daya sebesar 160.000 Watt.Komputer jenis ini merupakan
komputer serbaguna yang dapat bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan
komputer Mark I.
·
EDVAC (Electronic Discrete
Variable Automatic Computer)
mengurangi penggunaan tabung-tabung vakum, menggunakan sistem nomor binari dan
konsep aturcara tersimpan (stored program concept) serta proses penghitungannya
lebih cepat dibandingkan dengan ENIAC.
·
EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay
Storage Automatic Calculator )
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan
raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
·
UNIVAC 1 Computer Pada tahun 1951 Dr
Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator )
komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
II.
Generasi Kedua
Ciri
– ciri komputer generasi kedua :
1. Menggunakan
teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
2. Sudah
menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat inggi seperti FORTRAN dan COBOL.
3. Kapasitas
memori utama dikembangkan dari Magnetic
Core Storage.
4. Menggunakan
simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk.
5. Kemapuan
melakukan proses real-time dan real-sharing.
6. Ukuran
fisiknya sudah lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
7. Proses
operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
8. Kebutuhan
akan daya listrik lebih kecil.
9. Orientasinya
program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah ke aplikasi
teknik.
Contoh
komputer generasi kedua :
· IBM
1620, 1402, 7070, 7080, 7094
· UNIVAC
III
· CDC
6600 Super
· CDC
7600
· BURROGHS
5500
· HONEYWELL
400
· PDP
1 & 5
III. Generasi
Ketiga
Ciri
– ciri komputer generasi ketiga :
1. Komponen
Sirkuit menggunakan IC (Integrated Circuits).
2. Peningkatan
kemampuan software.
3. Kapasitas
memori komputer lebih besar.
4. Menggunakan
penyimpanan luar yang sifatnya random access.
5. Penggunaan
daya lebih hemat.
6. Memungkinkan
untuk melakukan multi processing.
7. Pengembangan
dari alat input dan output dengan menggunakan Visual Display Terminal.
Contoh
komputer generasi ketiga :
·
IBM
S/360
·
UNIVAC
1108
·
PDP
8 & 11
·
HONEYWELL
200
·
RCA
·
SPECTRA
70
IV. Generasi
Keempat
Ciri
– ciri komputer generasi keempat :
1. Penggunaan
Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu
pemadatan Ribuan IC menjadi sebuah chip.
2. Dikembangkan
komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang
berbentuk chip untuk memori komputer.
Contoh
komputer generasi ketiga :
· IBM
S/34, S/36
· IBM
PC/AT & XT
· IBM
PS/2
· HONEYWELL
700
· BURROGHS
600
· CRAY
I
· CYBER
· PC
Aplle II
· COMMODORE
PC
· INTEL
i386
· INTEL
PENTIUM I, II, III , IV, Dual Core, Core 2 Duo dan Quad Core.
V. Generasi
Kelima
Komputer paralel yang
berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang
efisien. Selain itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran
listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan
kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi
kelima ini.
Contoh Imajinatif
Komputer fiksi HAL9000dari novel karya
Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey, HAL9000 menampilkan seluruh
fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (Artificial Intelligence) HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan
percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual dan belajar dari
pengalamannya sendiri, namun realisasi HAL masih jauh dari kenyataan karena
tahap ini masih sangat muda, sehingga masih banyak peluang bagi setiap manusia
untuk mengembangkannya.
artikel bermanfaat sekali, saya Ari kunjungi website saya di https://www.atmaluhur.ac.id/
BalasHapusinfonya sangat bermanfaat banget gan
BalasHapuspinset hp lurus
Las Vegas: The Fastest Growing Casino In The World
BalasHapusFast-growing 파주 출장안마 casino is 제주 출장안마 the Fastest Growing Casino In The World With over 300 million players 수원 출장마사지 who love slots 속초 출장샵 and casino 충청남도 출장샵 action,